DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

PT (Persero) ASDP Indonesia Ferry Catat Laba Rp356 Miliar 2024

image
Ilustrasi - Kendaraan antre masuk ke dalam kapal feri. (ANTARA/HO-Humas ASDP)

ORBITINDONESIA.COM - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat kinerja keuangan positif semester pertama 2024 dengan membukukan laba Rp356 miliar.

"Menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam industri penyeberangan," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan di Jakarta, Senin 22 Juli 2024.

Shelvy menyampaikan bahwa ASDP juga membukukan pendapatan konsolidasi Rp2,560 triliun. Angka tersebut meningkat sembilan persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kredit Tumbuh 12,53 Persen, BRI Semakin Kuat, Selama 9 Bulan Cetak Laba Rp44,21 Triliun

Dia mengungkapkan, peningkatan kinerja keuangan itu adalah hasil dari berbagai strategi efisiensi dan peningkatan operasional.

"Kami melihat tren positif dalam kinerja keuangan kami, yang merupakan hasil dari komitmen untuk terus mengoptimalisasi layanan dan operasional," ujarnya.

Adapun untuk rasio likuiditas perseroan berada dalam kondisi liquid dan memiliki kemampuan untuk memenuhi seluruh kewajiban jangka pendeknya.

Baca Juga: Donnie Yen Menuntut Agar Scott Adkins Ikut Dalam Film Waralaba Terakhir Ip Man 4 senilai 448 Juta Dolar

Selanjutnya, semester pertama 2024, ASDP membukukan nilai EBITDA positif Rp1,08 triliun.

Ia menuturkan, salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan pendapatan adalah meningkatnya jumlah penumpang dan kendaraan.

Semester I 2024, ASDP melayani total 5,89 juta penumpang dan 11,42 juta kendaraan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Donnie Yen Menuntut Agar Scott Adkins Ikut Dalam Film Waralaba Terakhir Ip Man 4 senilai 448 Juta Dolar

"Jumlah kendaraan yang dilayani naikr 29 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya," tutur dia.

Selain itu, ASDP juga mencatat kenaikan volume barang yang diangkut, mencapai 0,7 juta ton pada semester I 2024.

Kenaikan itu berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan perusahaan, terutama dari sektor logistik yang menjadi penopang utama kinerja ASDP.

Baca Juga: Ancol Raih Laba Bersih Rp235 Miliar Sepanjang 2023

Shelvy juga menekankan bahwa inovasi digital turut berperan penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

"Transformasi termasuk pemesanan tiket online dan manajemen operasional berbasis teknologi, telah membantu dalam peningkatan efisiensi dan optimalisasi layanan," tambahnya.

Pada 2024, ASDP menargetkan pendapatan sebesar Rp5,710 triliun dengan laba bersih Rp733 miliar.

Baca Juga: Pegadaian Cetak Laba Rp4,38 Triliun Sepanjang 2023

"Target ini didukung oleh pembukaan delapan lintasan perintis baru dan pengembangan berbagai pelabuhan utama, termasuk Pelabuhan Merak dan Bakauheni," kata Shelvy.

ASDP telah memperkuat armada kapalnya dengan total 208 unit kapal yang beroperasi hingga semester I 2024, melayani 314 lintasan di seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut, ungkap Shelvy, segmen komersial menyumbang 78,3 persen dari total pendapatan atau sebesar Rp1,031 triliun, sementara lintasan perintis menyumbang 21,7 persen atau sebesar Rp285 miliar.

Baca Juga: Berharap Jadi Waralaba Besar, Serial Percy Jackson and the Olympians Mendapatkan Musim Kedua

Laporan kinerja konsolidasian ASDP 2023 audited Januari sampai Desember 2023, ASDP tercatat membukukan pendapatan Rp5.032 triliun dengan laba bersih Rp637 miliar. ***

Berita Terkait