DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala AFF U19 2024: Filipina Jaga Peluang Lolos ke Semifinal

image
Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu 17 Juli 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Filipina menjaga peluang semifinal Piala AFF U19 2024 setelah menang 2-0 melawan Timor Leste di pertandingan Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 20 Juli 2024.

Gol kemenangan Filipina dicetak oleh penyerang Banatao Otu Abang.

Filipina sekarang di peringkat kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan tiga poin dari dua laga, sedangkan Timor Leste turun ke posisi ketiga dengan tiga poin, namun kalah head to head.

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Vietnam Melawan Myanmar Imbang

Pada babak pertama Filipina mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sukses mencuri keunggulan pada menit ke-11 melalui gol yang dicetak lewat sundulan penyerang Banatao Otu Abang memanfaatkan umpan silang Justin Roxas sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Filipina kembali memberi ancaman lewat setelah umpan lemparan ke dalam Caraig Solomon dapat disambut sundulan Merino Leonor yang masih menyamping dari gawang Timor Leste.

Timor Leste berbalik memberikan ancaman melalui peluang yang diciptakan tendangan Alexandro Bakhito yang masih dapat ditepis kiper Filipina Inigo Castro.

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Disiarkan Langsung SCTV dan Streaming Vidio Indonesia Melawan Kamboja Sabtu Malam

Filipina menunjukkan dominasinya pada babak pertama setelah kembali memberikan ancaman lewat tendangan Cyrelle Medez, namun bola masih menyamping.

Pada sisa waktu babak pertama, Timor Leste terus berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan, namun hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan Filipina tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Timor Leste mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun Filipina yang menciptakan peluang lewat tendangan Angelo Arnado Menisca, namun masih menyamping.

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Thailand Menang Melawan Singapura

Timor Leste berbalik memberikan ancaman melalui tendangan yang dilepaskan Alexandre Guterres yang masih menyamping dari gawang Filipina.

Skuad asuhan Josep Ferre mampu menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol kedua yang diciptakan Banatao Otu Abang memanfaatkan kesalahan lini belakang Timor Leste pada menit 60.

Timor Leste sempat memiliki kesempatan emas untuk memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas Ricardo Bianco yang masih melambung dari gawang Filipina.

Skuad asuhan Eduardo Pereira kembali memiliki peluang emas, kali ini melalui tendangan Ario Ximenes yang tinggal berhadapan dengan kiper Filipina, namun bola masih menyamping.

Pada sisa waktu pertandingan, Filipina tetap mendominasi jalannya pertandingan, sementara Timor Leste sesekali memberikan ancaman, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-0 tetap bertahan.

Selanjutnya Filipina akan bertanding melawan Kamboja, Selasa 23 Juli pukul 19.30 WIB, sedangkan Timor Leste melawan Indonesia, di hari yang sama pukul 15.00 WIB.***

Berita Terkait