DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Yogyakarta Gelar Festival Upacara Adat Kridha Manunggaling Rasa

image
Dinas Kebudayaan Yogyakarta melepas burung di rangka festival upacara adat. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar festival Upacara Adat 2024 bertajuk Kridha Manunggaling Rasa di lapangan SD Negeri 2 Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, dalam rangka melestarikan tradisi masyarakat di wilayah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi di Kulon Progo, Sabtu, 20 Juli 2024, mengatakan festival adat tradisi adalah kegiatan rutin tahunan yang melibatkan masyarakat di lima kabupaten dan kota di Yogyakarta.

Peserta telah melalui tahapan seleksi berjenjang di Dinas Kebudayaan, kemudian ditampilkan melalui festival dari setiap perwakilan kabupaten dan kota.

Baca Juga: Gelaran Wayang Jogja Night Carnival #9 untuk Peringati HUT Yogyakarta Ditargetkan Gaet 40 Ribu Penonton Lebih

"Kami berharap festival ini memberi tontonan dan tuntunan, karena mengedepankan kekeluargaan, kegotongroyongan, kebudayaan, perlindungan alam, penghormatan terhadap leluhur, dan rasa syukur kepada Tuhan," kata Dian.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Eko Pranyoto mengatakan, selain melestarikan budaya, festival ini sekaligus membangun Yogyakata agar lebih sejahtera.

Festival upacara adat juga mendorong seni tradisional berkembang. ***

Berita Terkait