DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Dinas Sosial Kalimantan Timur Gelar Sarasehan Kearifan Lokal Menuju IKN Sejahtera dan Damai

image
Kepala Dinsos Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak (Antara/ HO Dinsos Kaltim)

ORBITINDONESIA.COM - Dinas Sosial Kalimantan Timur menggelar sarasehan kearifan lokal dengan mengutamakan nilai kemanusiaan, kebersamaan, dan sikap keteladanan untuk mencegah disintegrasi sosial, guna menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) sejahtera dan damai.

"Sesuai dengan tema sarasehan yakni 'Memelihara Kearifan Lokal sebagai Penyangga Keserasian Sosial dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Menuju IKN Sejahtera dan Damai', maka kita terus saling menjaga kedamaian," kata Kepala Dinas Sosial Kalimantan Timur, Andi Muhammad Ishak di Balikpapan, Kamis, 11 Juli 2024.

Sarasehan kearifan lokal yang digelar di Balikpapan selama tiga hari pada 9-11 Juli ini melibatkan 50 peserta dari berbagai kalangan, seperti dinas sosial, perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat dari kabupaten/kota se- Kalimantan Timur.

Baca Juga: Kementerian PUPR: Konstruksi IKN Akan Dihentikan Sementara Menjelang Upacara HUT RI, 17 Agustus 2024

Ini karena kearifan lokal yang dijadikan acuan dalam berbagai kegiatan, maka masyarakat dapat menyadari pentingnya menjaga tatanan sosial yang harmonis. Sehingga hal ini diharapkan dapat mencegah bencana sosial, menyelesaikan masalah lokal, menghindari disintegrasi sosial, dan memperkuat adaptasi sosial.  

Mencegah konflik sosial tidak terlepas dari peran seluruh elemen masyarakat, khususnya pemuda dan tokoh masyarakat dalam menangkal radikalisme akibat doktrin dan ideologi yang keliru.

"Tugas utama semua pihak adalah memelihara kearifan lokal agar tetap hidup dalam hati nurani bangsa. Dengan optimalisasi peran pemuda dan tokoh masyarakat, diharapkan konflik sosial dapat diminimalisir dan radikalisme dapat ditangkal guna menyongsong Kaltim sebagai Ibu Kota Negara," katanya.   

Baca Juga: Presiden Jokowi Tunda Kepindahan ke IKN Bila Infrastruktur, Air, Listrik Belum Siap dan Tak Bisa Dipaksakan

Untuk itu Andi Muhammad Ishak berharap, adanya sarasehan tiga hari ini, peserta pelatihan dapat menjadi pelopor menciptakan keserasian sosial dalam menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman.

Ia juga menyatakan, penunjukan Kaltim sebagai IKN menjadi kebanggaan tersendiri, namun juga memerlukan perhatian khusus terhadap potensi konflik sosial, karena kehadiran masyarakat dari luar Kaltim dengan berbagai kepentingan bisa memicu gesekan dan konflik sosial.  

"Oleh karena itu, penanganan konflik sosial harus terus dikembangkan, tidak hanya melalui rekonstruksi sosial setelah bencana, tetapi juga dengan pencegahan melalui peningkatan kapasitas masyarakat menggunakan kearifan lokal," katanya.

Baca Juga: Aba Subagja: Kebutuhan ASN di IKN Dipetakan Seiring Progres Pembangunan, Kuota Kalimantan Timur 5 Persen

Sedangkan sejumlah narasumber dalam sarasehan ini antara lain Kepala Dinas Sosial Kaltim, Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial, Polda Kaltim, Kodim 0905 Balikpapan, Badan Kesbangpol Kaltim, akademisi, dan tokoh adat.***

Sumber: Antara

Berita Terkait