DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Eropa 2024: Singkirkan Belanda, Inggris Melawan Spanyol di Final Senin Pekan Depan

image
Pemain Inggris merayakan gol yang dicetak Ollie Watkins di semifinal Piala Eropa 2024 melawan Belanda di Stadion BvB, Dortmund, Kamis 10 Juli 2024 dini hari WIB. (ANTARA/AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

ORBITINDONESIA.COM - Inggris melaju ke final Piala Eropa 2024 melawan Spanyol setelah meyingkirkan Belanda dengan kemenangan 2-1 di semifinal di Stadion BVB, Dortmund, Kamis 11 Juli dini hari WIB.

Final Inggris melawan Spanyol rencananya akan dilangsungkan Senin 15 Juli 2024 dini hari WIB di Olympiastadion Berlin.

Dalam pertandingan melawan Inggris, Belanda unggul lebih dulu melalui Xavi Simons, tetapi kapten Inggris Harry Kane menyamakan kedudukan melalui eksekusi penaltinya.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Disiarkan Langsung di RCTI Belanda Melawan Inggris di Semifinal Kamis Dini Hari WIB

Pemain pengganti Ollie Watkins lantas menjadi penentu kemenangan Inggris melalui golnya menit ke-91.

Pelatih Inggris Gareth Southgate memainkan kembali Marc Guehi di lini pertahanan setelah ia menjalani skors, sedangkan pelatih Belanda Ronald Koeman memilih untuk memainkan Donyell Malen sejak awal di stadion yang sangat akrab dengannya sebagai pemain Borussia Dortmund.

Stadion di Dortmund itu menjadi tempat istimewa bagi Belanda, karena di sanalah Jerman menang 2-0 melawan Brazil yang membawa mereka melaju ke final Piala Dunia 1974.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Spanyol ke Final

Jalannya pertandingan

Pertandingan baru berusia tujuh menit saat Simons mencetak gol indah untuk membuka keunggulan Belanda.

Ia mencuri bola dari Declan Rice dari jarak 35 meter ke gawang Inggris, dan bergerak maju sebelum melepaskan tendangan akurat yang gagal diantisipasi kiper Jordan Pickford.

Baca Juga: Lamine Yamal, Anak Imigran yang Cetak Sejarah Bikin Gol Termuda di Piala Eropa

Pemain Belanda berlari ke arah para penggemar mereka yang berada di belakang gawang Inggris. Sedangkan Inggris untuk ketiga kalinya berada dalam situasi tertinggal pada Piala Eropa kali ini.

Meski demikian, seperti melawan Swiss pada perempat final, Inggris segera bereaksi dengan cepat.

Kane melepaskan tendangan yang memaksa kiper Bart Verbruggen membuat penyelamatan.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Lamine Yamal Berambisi Bawa Spanyol Juara  

Dan, beberapa saat kemudian ia melepaskan tendangan voli melambung ke atas kotak penalti, yang kemudian berbenturan dengan Denzel Dumfries.

Awalnya wasit Felix Zwayer tidak menganggap apa yang dilakukan Dumfries sebagai pelanggaran, tetapi ia kemudian melihat VAR dan memberikan penalti kepada Inggris.

Kane lantas menjadi algojo penalti. Tendangannya ke sudut kiri bawah gawang Belanda sebenarnya dapat ditebak kiper Verbruggen, tetapi bola melaju lebih cepat untuk masuk ke gawang Belanda. Skor kini imbang 1-1.

Baca Juga: Si Pencetak Gol Termuda di Piala Eropa Lamine Yamal Berikan Rumahnya untuk Neneknya dan Beli Rumah Baru untuk Ibunya

Gol tersebut lantas membuat pertandingan berlangsung semakin menarik.

Dumfries menjadi penyelamat Belanda saat ia mampu menyapu bola tendangan Phil Foden sebelum melewati garis gawang.

Dumfries kemudian melepaskan tandukan yang membentur mistar gawang dari bola tendangan sudut Simons.

Foden meresponnya dengan tembakan melengkung jarak jauh yang membentur tiang gawang Belanda.

Pelatih Belanda Koeman menarik keluar Memphis Depay yang cedera, diganti dengan Joey Veerman.

Ia lantas membuat pergantian lainnya saat turun minum, dengan menarik Malen untuk digantikan Wout Werghorst.

Laga kemudian berlangsung lebih kaku, ketika kedua tim bermain dengan hati-hati.

Pickford menggagalkan upaya Virgil van Dijk pada menit ke-65, dan Belanda mulai mengambil kendali permainan ketika pemain utama Inggris mulai kelelahan.

Inggris sempat mencetak gol pada menit ke-79 sewaktu Bukayo Saka menyambar umpan tarik Kyle Walker. Namun gol itu tidak disahkan karena offside.

Southgate kemudian memilih untuk menarik Kane dan Foden untuk digantikan Watkins dan Palmer. Keputusan itu terbukti tepat, karena Watkins menerima operan dari Palmer, untuk berbalik dan melepaskan tendangan mendatar yang masuk ke gawang Belanda.

Skor 2-1 untuk kemenangan Inggris.

Susunan pemain

Belanda: Bart Verbruggen, Denzel Dumfries (Joshua Zirkzee 93’), Stefan De Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Jerdy Schouten, Xavi Simons (Brian Brobbey 93’), Tijani Reijenders, Donyell Malen (Wout Weghorst 46’), Memphis Depay (Joey Veerman 35’), Cody Gakpo. Pelatih: Ronald Koeman

Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi, Bukayo Saka (Ezri Konsa 93’), Kobbie Mainoo (Conor Gallagher 93’), Declan Rice, Kieran Trippier (Luke Shaw 46’), Phil Foden (Cole Palmer 81’), Harry Kane (Ollie Watkins 81’), Jude Bellingham. Pelatih: Gareth Southgate ***

Berita Terkait