DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Lidia Utami dari Agam Berhasil Meraih Tiket ke Turki di Ajang Sumbar Talenta 16

image
Lidia Utami meraih penghargaan Sumbar Talenta 16, didampingi Sastri Bakry (Foto: Sumbar Talenta)

ORBITINDONESIA.COM - Lidia Utami dari Agam berhasil meraih tiket ke Turki pada ajang bergengsi Sumbar Talenta 16 pada 3 Juli 20246 di aula Balai Pelestarian Nilai Kebudayaan (BPK) wilayah 3 Sumatra Barat.

Lidia Utami satu-satunya grand finalis yang menampilkan musik hidup yang terdiri dari gandang, talempong, saluang dan tapuak galembong.

Lidia Utami tampil dengan tari kreasi Minangkabau yang berjudul Tari Hoyak Gandang nan Batingkah. Gerak tubuh dan jemari yang tajam, tegas dan atraktif sehingga juri --yang terdiri dari Sastri Bakry (seniman, Founder Sumbar Talenta), Ade Sofyani (pelatih tari, koreografer) dan Ioqo Alhamra Fikri (musisi, dosen seni) sepakat.

Baca Juga: Sumbar Talenta Diundang ke Malaysia Pada Acara Festival Warisan Etnik Nusantara, Oktober 2023

Mereka memilih Lidia yang mendapatkan hadiah tiket ke Turki, termasuk hotel, makan minum dan jalan-jalan di Turki.

Selain berangkat ke Turki untuk tampil dalam resepsi diplomatik di Istanbul dan menyaksikan kota sejarah Islam itu, Lidia juga mendapat uang tunai Rp1,5 juta, paket perawatan dari Dr Vivin Talenta 4 senilai Rp1,5 juta dan lain-lain. Ada 12 item yang diperoleh Lidia termasuk piala bergilir dari Kemenpora dan suvenir eksklusif dari Kemenparekraf. 

Prosesi penyerahan piala bergilir diawali dengan tampilan memukau Theckla, juara Sumbar Talenta 15, yang selama ini memegang tropi Menpora tersebut dan diberikan langsung ke Lidia dengan atraksi tarian yang membuat tepuk tangan gemuruh penonton. 

Baca Juga: Sastri Bakry dan Vani Talenta Tampil pada Pertemuan Para Penulis dan Pemikir Dunia di India

"10 grand finalis yang tampil malam ini sungguh luar biasa. Mereka semua sudah pemenang dan berhak bergabung dengan Sumbar talenta. Juri tinggal menetapkan siapa yang akan berangkat ke luar negeri dengan memerhatikan sikap perilaku mereka sejak audisi hingga wawancara penggalian karakter diri seharian, hingga tampil dalam konser kemenangan. Memang tidak mudah untuk bisa bergabung di Sumbar Talenta. Harus berprestasi, berintegritas dan bertalenta lengkap," ujar Ranti Arastri, Manager Sumbar Talenta yang mewakili Andha Zulfirman, ketua Yayasan Sumbar Talenta Indonesia yang sedang tugas di Jakarta.

Acara berlangsung meriah karena Sumbar Talenta senior ikut menyanyi bersama lagu jingle Talenta. Tampak 
hadir kepala BPK diwakil Hasanadi, kepala Dinas Kebudayaan Sumbar diwakili Kepala Museum, Sexri Budiman

Juara selengkapnya:
Lidia Utami dari Agam, juara pertama.
Yoggi Nefrian,dari Bukittinggi, juara kedua.
Dendi Chairi dari Solok Selatan, juara ketiga.
Athageni Talitha Patricia dari Padang, sebagai juara favorit.

Baca Juga: Kanal Khiev, Finalis Kamboja's Got Talent Akan Tampilkan Tarian Spektakulernya di Pertunjukan Seni IMLF II

Keempat  orang ini akan  berangkat ke luar negeri, yakni Turki dan Malaysia. Sementara Yosa Perdana, lelaki jangkung yang rajin ini tampil menari dengan suasana sekitar surau dengan properti yang unik dan berhasil terpilih sebagai Penari Terbaik

Nadya Putri Pratama, koreografer terbaik dengan judul tari Padusi yang menggambarkan perempuan Minang yang tidak hanya cantik dan pandai menari, tetapi juga pandai bersilat dan tangguh.

Sementara Rafky Ananta Poersya yang memiliki suara unik berhasil memperoleh Vocal terbaik. Nayla Dwi Harfis selain suaranya merdu, ia meraih sebagai talenta berintegritas. 

Baca Juga: Pinto Janir, Sastrawan Multitalenta Meraih Penghargaan Satupena Sumatra Barat sebagai Penulis Prolifik

Mutiara Anggreiny, perempuan tangguh yang meski tamat paket C tapi penuh semangat dan tampil atraktif sehingga terpilih sebagai pembaca puisi terbaik.

Aditia Rahman, yang tampil memukau dengan tarian yang lain dari pada yang lain perpaduan jazz dan dangdut. Sehingga aditia berhasil juara sebagai penampilan terbaik. Semua pemenang mendapat tropi, sertifikat, suvenir dan bingkisan dari sponsor.***

Sumber: Antara

Berita Terkait