DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia di Grup C Bersama Jepang, Australia, Saudi Arabia, Bahrain, dan China

image
Suporter Indonesia di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa 11 Juni 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Indonesia tergabung di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama Jepang, Australia, Saudi Arabia, Bahrain, dan China, berdasar undian yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis 27 Juni 2024.

Berdasarkan laman resmi FIFA, Indonesia ialah negara dengan peringkat terendah di Grup C yaitu peringkat 134.

China yang ada di pot 5 berperingkat 88 dunia, Bahrain di pot 4 di peringkat 81, Saudi Arabia di pot 3 yang pada Piala Dunia 2022 Qatar mengalahkan Argentina di peringkat 56 dunia.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Gol Thom Haye dan Rizky Ridho Bantu Indonsia Cetak Sejarah Lolos ke Putaran Ketiga

Dua tim dengan peringkat tertinggi adalah Jepang dan Australia.

Jepang berperingkat 17 dunia, sedangkan Australia 23 dunia.

Jepang dan Australia adalah dua negara yang akrab dengan Indonesia karena pernah bertanding di Piala Asia 2023 Qatar awal tahun ini.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia di Grup G Bersama Australia, Kuwait, Kepulauan Mariana Utara

Indonesia bertanding melawan Jepang di pertandingan terakhir dengan skor 3-1 untuk Jepang.

Dengan Australia, Indonesia pernah bertanding di babak 16 besar. Indonesia yang bermain cukup baik tak beruntung karena menyerah 0-4 dari Australia.

Putaran ketiga akan dimainkan dengan format penyisihan grup kandang tandang yang dimulai pada September 2024 sampai Juni 2025.

Baca Juga: WAH, Indonesia Ikut Undian Kualifikasi Piala Dunia 2026 Tanpa Shin Tae Yong: Erick Thohir yang Hadir Langsung

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) akan langsung melaju ke putaran final Piala Dunia 2026, yang akan menampilkan total peserta pertama kali dengan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat.

Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025 di mana dua negara berikutnya yang merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis.

Indonesia menorehkan sejarah lolos ke putaran ketiga untuk pertama kalinya setelah menjadi runner up grup F dengan 10 poin, di bawah Irak yang sempurna dengan 18 poin.

Indonesia ialah satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga.

Pembagian grup

Grup A
Iran
Qatar
Uzbekistan
Uni Emirat Arab
Kirgistan
Korea Utara

Grup B
Korea Selatan
Irak
Jordania
Oman
Palestina
Kuwait

Grup C
Jepang
Australia
Arab Saudi
Bahrain
China
Indonesia. ***

Berita Terkait