DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Wilmar Gandeng Institut Pertanian STIPER Yogyakarta Cetak Tenaga Kerja Terampil di Industri Sawit

image
Pekerja sedang memeriksa mesin di pabrik minyak sawit. (ANTARA/HO-Wilmar Indonesia)

ORBITINDONESIA.COM - Wilmar menggandeng Institut Pertanian STIPER (Instiper) Yogyakarta untuk mencetak calon tenaga kerja di industri sawit yang terampil melalui program beasiswa.

Menurut Human Capital Head Wilmar Erlina Panitri, beasiswa tersebut diharapkan dapat membantu membuka akses yang lebih luas terhadap pendidikan tinggi bagi anak karyawan dan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan yang kurang mampu, sekaligus menyiapkan calon tenaga kerja sesuai kebutuhan industri.

"Banyak sekali anak tidak mampu tetapi berkemauan besar untuk sekolah lebih tinggi. Melalui Wilmar Indonesia Scholarship ini, kami ingin menjembataninya," ujarnya di Jakarta, Rabu 26 Juni 2024.

Baca Juga: Polling Institute: Elektabilitas Gerindra Salip PDIP

Selain memberi akses ke pendidikan tinggi, katanya, program tersebut juga sebagai upaya menyiapkan calon tenaga kerja unggul sesuai kebutuhan industri sawit.

Erlina juga menggandeng guru dari sekolah calon peserta dan Instipper dalam menyeleksi penerima beasiswa tersebut.

Dalam beasiswa tersebut, perusahaan menyediakan biaya untuk hidup dan pendidikan, pendampingan, monitoring, materi kuliah, pengajar yang berasal dari karyawan perusahaan, dan kesempatan magang.

Baca Juga: Survei Polling Institute: Elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Teratas

"Karena sudah disiapkan sejak dari kuliah, lulusannya sudah siap kerja secara profesional," ujarnya.

Wilmar telah menyelesaikan satu angkatan ikatan dinas selama delapan tahun berkarir. Sebagian di antaranya sudah menduduki posisi strategis dan menjadi tokoh kunci di unit penempatan masing-masing.

Menurutnya, perusahaan membuka kemungkinan untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Survei Polling Institute: Dekati Pilpres, Tren Elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Merangkak Naik

Di angkatan-angkatan sebelumnya, ia memberlakukan ikatan dinas kepada penerima beasiswa untuk bekerja di Wilmar.

Tetapi mulai tahun ini, perusahaan memberikan pilihan kepada peserta beasiswa untuk berkarier di perusahaan tersebut atau perusahaan lain. ***

Berita Terkait