DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Eropa 2024: Juara Grup dan Menang Melawan Belanda, Austria Patahkan Prediksi Banyak Pihak

image
Marcel Sabitzer (tengah) setelah mencetak gol kemenangan Austria melawan Belanda di Olumpiastadion Berlin, Selasa 25 Juni 2024 malam WIB. (ANTARA/Dok-UEFA)

ORBITINDONESIA.COM - Austria mematahkan prediksi banyak pihak  setelah lolos ke 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 sebagai juara grup, unggul dari Prancis dan Belanda dalam klasemen akhir Grup D.

Tim asuhan Ralf Rangnick tersebut menang 3-2 melawan Belanda di Stadion Olimpiade, Berlin pada Selasa 25 Juni. Austria membuka keunggulan lewat bunuh diri Donyell Malen pada menit ke-6.

Belanda menyamakan skor lewat gol Cody Gakpo dua menit selepas jeda. Austria kembali unggul melalui Romano Schmid pada menit ke-59. Belanda membalas sekali lagi berkat Memphis Depay pada menit ke-75.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Siaran Langsung di MNCTV Ceko Melawan Turki Kamis Dini Hari WIB

Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria setelah mencetak gol pada menit ke-80. Kemenangan ini membuat Austria secara mengejutkan finis di peringkat teratas Grup D.

Austria di urutan teratas dengan enam poin, dengan menyalip Prancis dan Belanda.

Prancis sendiri mengakhiri fase grup di peringkat dua usai bermain imbang 1-1 dengan Polandia di Signal Iduna Park.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Denmark Melaju ke Babak 16 Besar Setelah Petik Hasil Imbang Melawan Serbia

Gol kedua tim sama-sama lahir dari tendangan penalti, Kylian Mbappe mencetak gol untuk Prancis sedangkan Robert Lewandowski menyamakan kedudukan untuk Polandia.

Prancis di bawah Austria dengan lima poin. Belanda di urutan ketiga usai meraih empat angka. Sementara, posisi juru kunci ditempati Polandia dengan hanya meraih dua poin.

Peringkat satu sampai tiga dari Grup D secara otomatis melaju ke 16 besar. Austria dan Prancis lolos dengan status juara dan runner up.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Inggris Puncaki Klasemen Meski Bermain Imbang Melawan Slovenia

Belanda ke fase gugur dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik. Posisi Tim Oranye sudah pasti tidak bisa terlempar dari empat besar di klasemen peringkat ketiga terbaik. ***

Berita Terkait