DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Jelang Iduladha 1445 Hijriah, Gereja Katedral Sumbang Seekor Sapi untuk Masjid Istiqlal

image
Seekor sapi yang disumbang Gereja Katedral untuk Masjid Istiqlal jelang Iduladha 1445 Hijriah. (ANTARA/Siti Nurhaliza)

ORBITINDONESIA.COM - Iduladha 1445 Hijriah yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 menjadi momentum yang dinantikan muslim di dunia, termasuk di Indonesia.

Pasalnya, terdapat kisah menarik tentang indahnya kerukunan dan toleransi antarumat beragama menjelang perayaan Iduladha 1445 Hijriah di Jakarta.

Salah satunya yakni seekor sapi yang disumbang oleh Gereja Katedral Jakarta ke Masjid Istiqlal untuk disembelih saat Iduladha 1445 Hijriah.

Baca Juga: Pertamina dan KLHK Berhasil Temukan Individu Hiu Paus Baru di Kwatisore, Nabire, Papua Tengah

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal Ismail Cawidu.

"Tahun ini Katedral menyumbang seekor sapi, ini sebagai semangat persaudaraan pada perayaan Iduladha 1445 Hijriah," kata Ismail, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 16 Juni 2024.

Kendati diberikan menjelang Hari Raya Iduladha, namun Ismail menerangkan bahwa sapi tersebut tidak disebut sebagai hewan kurban.

Baca Juga: KAI Semarang Operasikan KA Kaligung Tambahan Relasi Semarang-Tegal Saat Libur Iduladha 2024

"Istilahnya ini adalah hadiah atau sumbangan seekor sapi dari pihak Gereja Katedral," ujarnya.

Tidak hanya menyumbang seekor sapi, Gereja Katedral juga membuka lahan parkirnya untuk menampung kendaraan bermotor milik jamaah salat Id di Masjid Istiqlal pada Senin pagi besok.
 
"Ya betul, lahan parkir Katedral dibuka untuk jamaah Iduladha dan ini sudah berlangsung lama, demikian pula sebaliknya, bila Natal lahan parkir Istiqlal juga dibuka untuk jemaat Katedral," kata Ismail.
 
Untuk diketahui, pelaksanaan Shalat Id Iduladha 1445 Hijriah, H Martomo Malaing ditunjukkan sebagai imam dan Khatib Prof Dr Amien Suyitno. 

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin juga direncanakan melakukan Salat Iduldha di Masjid Istiqlal.
 
"Penyelenggaraan Salat Iduladha besok Senin dimulai jam 07.00 WIB dan akan dihadiri bapak Wapres dan para menteri dan duta besar negara sahabat," imbuhnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait