DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Malut United Datangkan Yance Sayuri dan Yakob Sayuri: Diikat Kontrak 2 Tahun

image
Yakob Sayuri dan kembarannya Yance Sayuri resmi bergabung dengan Malut United, Minggu 16 Juni 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Manajemen Malut United FC mendatangkan pemain kembar Yakob Sayuri dan Yance Sayuri.

"Selamat datang di Malut United, Kami yakin Yakob dan Yance Sayuri akan memberikan kontribusi maksimal bersama seluruh pasukan Laskar Kie Raha untuk berjuang di Liga 1," kata COO Malut United, Willem D Nanlohy di Ternate, Minggu 16 Juni 2024.

Manajemen Malut United bersama Yakob dan Yance sepakat menjalin kerja sama dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Baca Juga: Malut United Datangkan Striker Yandi Sofyan

Yakob mengaku bangga setelah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Malut United.

"Saya siap berjuang di rumah baru, Malut United," ujar Uaance Sayuri.

Yakob dan Yance, dua pemain kelahiran Kepulauan Yapen, Papua, telah membuktikan eksistensi mereka lewat penampilannya di Liga 1.

Baca Juga: Malut United Datangkan Pemain Belakang Fredyan Wahyu Sugiantoro

Yakob dan Yance pernah bergabung dengan PSM Makassar. Mereka tercatat sudah bermain bersama dalam 74 pertandingan sejak 2021.

Secara individu, Yakob yang bermain untuk PSM lebih dulu sejak tahun 2020 dan sudah mencatatkan 25 gol dan 16 assist dari 105 penampilan di semua kompetisi termasuk Piala AFC.

Yance, yang bergabung dengan PSM 2021, memiliki catatan 7 gol dan 8 assist dari 94 laga.

Baca Juga: Malut United Kembali Datangkan Pemain Asing, Kali Ini Cassio Scheid dari Brasil

Penampilan impresif Yakob dan Yance di level klub berhasil membawa mereka ke tim nasional. Yakob mengawali kiprah Sayuri bersaudara di tim nasional Indonesia sewaktu menjalani debut dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Vietnam, 7 Juni 2021.

Setelah itu, Yance melengkapi duet Sayuri bersaudara di level tim nasinal ketika bertanding melawan Burundi dalam rangkaian FIFA Matchday Maret 2023.

Yakob dan Yance bermain bersama sebagai starter dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 tersebut.

Pencapaian Yakob dan Yance di level klub hingga tim nasional ialah hasil perpaduan antara bakat dan kerja keras. Mereka terus berkembang sejak kali pertama memulai karier di Liga 3.

Yakob mengawali karier dengan bermain untuk Persemi Mimika dan Persewar Waropen pada 2018. Bakat winger lincah yang akrab disapa Yasa ini ditemukan oleh senior sekaligus legenda sepak bola asal Papua, Eduard Ivakdalam.

Tidak butuh waktu lama bagi Yakob untuk menembus kasta tertinggi setelah mengawali karier di Liga 3. Dia langsung direkrut oleh salah satu klub peserta Liga 1, Barito Putera, pada 2019. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait