DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Universitas Indonesia dan University of Dar Es Salaam Tanzania Kerja Sama Kembangkan Energi

image
Duta Besar Tanzania, Macocha Moshe Tembele (kiri) menerima plakat dari Sekretaris Universitas UI, Agustin Kusumayati. (ANTARA/ Foto: Humas UI)

ORBITINDONESIA.COM - Universitas Indonesia (UI) dan University of Dar Es Salaam, perguruan tinggi negeri tertua dan terkemuka di Tanzania bekerja sama mengembangkan sumber daya energi yang berkelanjutan.

Sekretaris Universitas UI, Agustin Kusumayati di Depok, Jawa Barat, Selasa, 11 Juni 2024, mengatakan kerja sama tersebut sejalan dengan misi yang dijalankan oleh kampusnya.

Sekarang UI tengah berkonsentrasi melestarikan lingkungan melalui program edukasi dan pengabdian, serta menciptaan inovasi untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga: Dosen Universitas Indonesia Muhamad Syauqillah: Moderasi Beragama Wajib Dimiliki Insan Indonesia

Riset sumber daya energi dan mineral dinilai penting, terutama dalam memanfaatkan sumber daya alam berkelanjutan.

Kerja sama ini dijalankan UI karena memiliki Program Studi Teknik Metalurgi punya kemampuan menentukan dan merekayasa, serta memproses dan mengendalikan sifat-sifat material logam maupun non-logam.

UI juga memiliki Program Studi Geologi yang mengkaji pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan serta kebencanaan kebumian dengan menerapkan teknologi sesuai etika profesi di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga: Universitas Indonesia dan 3 Kampus Korea Selatan Bangun Selatan Kerja Sama Pendidikan

Dengan kolaborasi tersebut, UI turut memperluas kerja sama yang terjalin dengan beberapa universitas di Tanzania.

Kemitraan ini, UI dan University of Dar Es Salaam akan mengembangkan berbagai proyek bersama dalam bentuk pertukaran pelajar dan kegiatan riset inovasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Ambassador of the United Republic of Tanzania, Macocha Moshe Tembele menawarkan kolaborasi, khususnya pengembangan inovasi dan riset bersama di bidang sumber daya energi dan mineral demi tercapainya industrialisasi lokal.

Baca Juga: Guru Besar Urologi Universitas Indonesia Nur Rasyid: Pria di Atas 55 Tahun Sebaiknya tidak Banyak Minum di Malam Hari

Dengan perluasan kolaborasi ini, UI berharap dapat memperkuat hubungan penelitian antara kedua institusi untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait