DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Usai Jadi WNI, Maarten Paes yang Berdarah Jawa Ini Tak Sabar Ingin Bertanding untuk Timnas Indonesia

image
Maarten Paes (kanan) mengambil sumpah menjadi WNI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jakarta, Jakarta Timur, Selasa, 30 April 2024. (ANTARA/Ho/PSSI)

ORBITINDONESIA.COM - Kiper milik klub FC Dallas di Liga Amerika Serikat, Maarten Paes (25 tahun) yang berdarah jawa ini mengaku tidak sabar ingin bertanding membela tim nasional (Timnas) Indonesia usai ia berstatus warga negara Indonesia (WNI).

Maarten Paes resmi menjadi WNI setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jakarta, Selasa 30 April 2024.

"Saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama timnas Indonesia),” kata Maarten, disiarkan dari laman resmi PSSI, Rabu 1 Mei 2024.

Ia berpeluang besar untuk memperkuat Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua ketika melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 12 Juni di kandang.

Namun, kurang lebih satu bulan menuju dua pertandingan itu. Ia harus memenuhi beberapa syarat yang salah satunya menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengingat ia pernah membela timnas Belanda U21 di Piala Eropa 2021 sewaktu ia berumur 22 tahun.

"Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti (kualifikasi Piala Dunia 2026). Saya rasa bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia, dan itu adalah target utama saya,” kata Maarten yang bertinggi badan 1,92 meter itu.

Ia juga memuji kultur sepak bola Indonesia yang didukung pendukung yang sangat fanatik.

Ia mengambil contoh fanatisme masyarakat Indonesia ketika menyaksikan Indonesia bertanding di Piala Asia U23 2024 Qatar.

"Penggemar Indonesia sangat luar biasa. Mereka orang-orang paling loyal dan semangat.”

Maarten lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Ia memiliki darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait