DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan Bhinneka Tunggal Ika: Konsep dan Praktik

image
Satupena adakan diskusi Bhinneka Tunggal Ika.

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema Bhinneka Tunggal Ika: Konsep dan Praktik.

Obrolan Hati Pena #98 tentang Bhinneka Tunggal Ika itu akan berlangsung di Jakarta pada Kamis malam, 24 Agustus 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara di diskusi Bhinneka Tunggal Ika itu adalah Ahmad Gaus, penulis, pemerhati budaya, dan aktivis kebangsaan. Diskusi itu akan dipandu oleh Swary Utami Dewi.

Baca Juga: Album NCT Terbaru, Golden Age Sudah Dirilis! Ada Formasi Member yang Berbeda untuk Setiap Lagu

Panitia webinar menyatakan, narasi keindahan bangsa Indonesia diwakili oleh satu ungkapan bertuah: Bhinneka Tunggal Ika. Rakyat dari beragam suku, budaya, bahasa, dan agama, hidup berdampingan secara damai.

Bila dikelola dengan benar, keragaman akan menjadi kekuatan. Namun bila sebaliknya, keragaman akan menjadi kelemahan. Masalahnya, bagaimana cara mengelolanya?

Kita pernah mengalami masa ketika keragaman dikelola dengan pendekatan stabilitas dan keamanan (era Orde Baru). Hasilnya, ketika Orde Baru tumbang, konflik berlatar belakang ras, etnik, dan agama, merebak di mana-mana.

Rezim-rezim pasca Orde Baru mengelola keragaman dengan pendekatan civil society. Namun anomali keragaman seperti kekerasan rasial, praktik intoleransi, dan diskriminasi masih terus berlangsung.

Baca Juga: Tujuh Pengendara Motor yang Jadi Korban Tabrakan Beruntun Truk di Jakarta Selatan Bisa Jadi Tersangka

Ini menunjukkan bahwa kita belum selesai dengan Bhinneka Tunggal Ika. Apa sebenarnya yang sedang terjadi dengan bangsa kita?

Sambil mensyukuri nikmat kemerdekaan, mari kita merenungi kembali arti Bhinneka Tunggal Ika di zaman kini, bersama Ahmad Gaus, seorang pemerhati budaya.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena98. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan. ###

Berita Terkait