DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Tantangan Kritikus dan Pencela yang Harus Dihadapi Dalam Perjalanan Menuju Sukses

image
Elvis Presley menghadapi serangan kritikus sebelum mencapai sukses (Gigsplay.com)

ORBITINDONESIA.COM - Seorang pemusik muda tampil perdana di sebuah konser. Namun usai konser ia banyak mendapatkan celaan dan komentar miring dari para kritikus.

Rasa depresi segera melanda pemuda itu, hingga kemudian Jean Sibelius, komposer Finlandia yang terkenal menghiburnya. “Ingat Nak, tidak ada satupun kota di seluruh dunia yang mendirikan patung penghargaan untuk seorang kritikus.”

Mungkin Anda juga pernah dicela dan dikritik oleh orang-orang di sekitar Anda. Apapun yang kita perbuat, sang kritikus siap “komentar” dengan nada-nada sumbang.

Baca Juga: Inilah Tips Jika Mengalami Pelecehan Seksual Seperti Finalis Miss Universe Indonesia Pastikan Keselamatan Diri

Elvis Presley pernah mengalami dipecat oleh manajer Grand Ole Opry dengan komentar, “Kamu tidak bakal terkenal, Nak. Sebaiknya kamu kembali menjadi supir truk saja.”

Clint Eastwood juga pernah dipecat dari Universal Pictures hanya karena giginya cuwil dan dianggap tidak memiliki kemampuan acting.

Decca Records pernah menolak 4 pemuda yang nervous ketika bermain untuk rekaman pertamanya. Mereka berkata, “Kami tidak suka, mereka kelompok gitaris yang kurang populer.” Keempat pemuda itu adalah The Beatles.

Itulah contoh dari orang-orang yang pernah dikritik, dicela bahkan ditolak. Tetapi dari kritik itu, mereka bangkit dan eksis hingga hari ini,

Siapapun anda yang sedang merintis sesuatu bisa jadi takkan luput dari kritikan dan apapun kata mereka ingat ucapan Jean Sibelius “A statue has never been built in honour of a critic.” ***

Berita Terkait