DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Capitalism Without Capital: Ekonomi Tidak Berwujud yang Tumbuh

image
Buku Capitalism Without Capital

 

ORBITINDONESIA - Sebuah buku tahun 2017 berjudul Capitalism Without Capital mengkaji semakin pentingnya ekonomi tak berwujud.

Untuk pertama kalinya, mayoritas negara industri sekarang berinvestasi lebih banyak dalam aset tidak berwujud seperti perangkat lunak dan kapasitas R&D daripada di aset fisik yang sebenarnya seperti pabrik dan mesin. Itu dinyatakan di Capitalism Without Capital.

Menurut Capitalism Without Capital, hal-hal yang tidak berwujud ini sangat berguna namun tidak memiliki rekan fisik. Ke depan, mengkaji karakteristik tren ini serta bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis, ekonomi, dan kebijakan publik.

Baca Juga: Barbarians at the Gate, Kisah Kematian Perusahaan RJR Nabisco

Jonathan Haskel adalah seorang profesor ekonomi di Imperial College Business School di London dan anggota Komite Kebijakan Moneter Bank of England.

Sebelumnya direktur lembaga think tank sains dan inovasi NESTA, Stian Westlake sekarang menjadi konsultan untuk menteri pendidikan tinggi, sains, penelitian, dan inovasi pemerintah Inggris.

Ekonomi kita secara tradisional didasarkan pada produksi dan konsumsi barang-barang berwujud, seperti biji-bijian, emas, dan segala sesuatu di antaranya.

Namun, seiring berkembangnya ekonomi modern, paradigma sebelumnya tidak lagi berlaku. Investasi dan aset paling signifikan dalam perekonomian kita menjadi lebih immaterial atau non-fisik.

Baca Juga: KH Maimoen Zubair: Rahasia di Balik Tanggal, Bulan dan Tahun Kemerdekaan Indonesia

Saat ini, aset tidak berwujud, seperti perangkat lunak, kemampuan penelitian, branding, atau pertumbuhan organisasi, memperhitungkan nilai yang mendasari organisasi seperti Microsoft, Apple, Google, atau bahkan Starbucks.

Ini penting karena bisnis yang didasarkan pada aset tidak berwujud bertindak berbeda dari mereka yang bergantung pada barang berwujud. Mereka dapat memperluas dan meningkatkan skala lebih cepat, sebagai permulaan.

Selain itu, mereka lebih berisiko bagi investor dan lebih mudah dimanfaatkan oleh saingan. Kedipan ini mengkaji masa kini dan masa depan ekonomi tidak berwujud.

Ringkasan ini akan mengajari Anda: Fitur investasi yang tidak berwujud; mengapa tidak berwujud adalah aset sejati Starbucks; mengapa, melarang intervensi pemerintah, ekonomi tidak berwujud dapat menghasilkan lebih sedikit investasi.

Baca Juga: Bermain 9 Orang, PSM Makassar Lolos ke Final Zona ASEAN AFC Cup 2022 Usai Kalahkan Kedah Darul Aman

Ekonomi kita semakin berpusat pada aset tidak berwujud daripada aset berwujud.

Selama ribuan tahun, mengukur, menghitung, dan menetapkan nilai untuk barang-barang aktual dan nyata seperti bangunan, mesin, atau komputer telah menjadi langkah kunci dalam menentukan nilai perusahaan, komunitas, atau bahkan suatu bangsa.

Namun, para ekonom sekarang mengejar kenyataan baru. Nilai aset tidak berwujud, atau hal-hal yang tidak dapat kita lihat atau sentuh tetapi tetap berharga, meningkat dalam perekonomian.

Bayangkan diri Anda di supermarket tahun 1970-an untuk merasakan signifikansi ekonomi yang tidak berwujud yang semakin besar. Mengingat bahwa toko tidak banyak berubah secara fisik selama 50 tahun sebelumnya, Anda mungkin tidak akan merasa terlalu tidak pada tempatnya.

Baca Juga: Ini Alasan Anak Muda Zaman Sekarang selalu Ingin Healing

Mirip dengan supermarket dari 50 tahun yang lalu, yang sekarang termasuk lorong-lorong yang dikelilingi oleh rak, pendingin, dan meja kasir.

Ekspansi cepat aset tidak berwujud telah mengubah pasar untuk supermarket. Pikirkan popularitas barcode. Mereka melakukan lebih dari sekadar mempercepat proses checkout dengan menghilangkan kebutuhan seseorang untuk memasukkan harga secara manual.

Mereka juga memungkinkan manajemen untuk melihat berapa banyak penjualan yang telah dilakukan dan berapa banyak barang dalam inventaris menggunakan sistem komputer daripada melakukan penghitungan stok manual.

Akibatnya, lebih mudah untuk mengelola inventaris, mengatur promosi, dan mengubah harga tanpa harus mengevaluasi kembali setiap item secara individual.

Baca Juga: Kapolri Umumkan Status Tersangka Irjen Ferdy Sambo, Tapi Publik Ingin Tahu Motif Pembunuhannya

Inovasi ini secara signifikan meningkatkan produksi supermarket dan memungkinkan skema penetapan harga yang lebih rumit dan menguntungkan.

Sebagai hasil dari sistem kartu loyalitas berbasis data, supermarket juga telah melakukan investasi yang signifikan dalam branding dan pemasaran, dua lagi hal tidak berwujud yang penting.

Banyak aset terpenting bisnis saat ini adalah hal-hal yang tidak dapat kita sentuh. Aset fisik tradisional Microsoft hanya bernilai $3 miliar, atau 1% dari total nilainya, ketika mencapai kapitalisasi pasar sebesar $250 miliar pada 2006 dan menjadi perusahaan paling berharga di dunia.

Bisnis seperti Microsoft sangat berharga, tetapi bukan karena berapa nilai pabrik, peralatan, atau gudang mereka.

Baca Juga: Jangan Khawatir Jadi Gemuk, Beginilah Cara Ngemil Tapi Tetap Sehat

Sebaliknya, itu karena perangkat lunak, merek, dan kekayaan intelektual mereka, serta seberapa cepat barang-barang mereka dapat mencapai pasar berkat efektivitas manajemen rantai pasokan mereka.

Ketika kapitalisme berjalan dengan ketergantungan yang menurun pada modal fisik, kita saat ini mengamati kesenjangan yang semakin besar. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana transisi ini memanifestasikan dirinya secara global.

Meskipun baru saja dicatat, tren menuju ekonomi immaterial sekarang sudah jelas.

Pesan utama ringkasan ini adalah: Pentingnya berinvestasi dalam hal-hal yang tidak berwujud meningkat.

Baca Juga: Jelang Laga Persib Bandung vs PSIS Semarang, Passos Siap Perbaiki Performa Kiper Antisipasi Hujan Gol

Karena investasi tidak berwujud pada dasarnya berbeda dari investasi berwujud, perkembangan ini memiliki dampak bagi masyarakat, pembuat kebijakan, dan sifat perusahaan dan ekonomi kita.

Ekonomi yang mengoptimalkan sinergi dan inovasi sambil mempertahankan aliran investasi yang stabil akan berkembang di dunia yang kaya akan hal-hal yang tidak berwujud.

Sumber: Aplikasi Buku Pintar AHA

Editor: Satrio Arismunandar ***

 

Berita Terkait