DECEMBER 9, 2022
Nasional

Pendiri Tan Malaka Institute Ben Ibratama Tanur: Anies Baswedan Bisa Kontrol Pemerintah Lewat Ormas

image
Ben Ibratama Tanur, Pendiri Tan Malaka Institute. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM – Pendiri Tan Malaka Institute Ben Ibratama Tanur menilai, Anies Baswedan akan sangat tepat bila mendirikan organisasi kemasyarakatan (Ormas) lebih dulu untuk mengontrol pemerintahan mendatang.

Tan Malaka Institute adalah Pusat Kajian Pemikiran Perjuangan Politik Taman Malaka.

Pernyataan Ben yang disampaikan secara tertulis kepada media di Jakarta, Minggu 1 September 2024 ini untuk menanggapi wacana Anies Baswedan mendirikan Ormas atau partai politik setelah ia gagal mengikuti Pilkada 2024.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024, Ben Ibratama Tanur dari Tan Malaka Institute: Pramono-Rano Vs Ridwan Kamil-Suswono Ketat

Menurut Ben, Anies Baswedan bisa membangun Ormas mandiri lebih dulu untuk menjadi panggung sekaligus membangun kekuatan dalam menghadapi kompetisi politik lima tahun mendatang.

“Dan, Ormas itu bisa digunakan Pak Anies Baswedan untuk secara aktif mengontrol pemerintahan mendatang,” kata Ben tegas.

Ben menyarankan Anies dalam mendirikan Ormas harus mendasari dengan ideologi dan nilai-nilai perjuangan yang luhur dan progresif, bukan atas dasar kekecewaan politik.

Baca Juga: Pilkada Jawa Barat 2024, Ben Ibratama Tanur dari Tan Malaka Institute: Anies Bisa Menang Bila Diusung PDI Perjuangan

Dengan didasari ideologi dan nilai perjuangan yang kuat da nyata, kata Ben, Ormas yang didirikan Anies akan memiliki arah perjuangan yang jelas dan bekarakter jelas.

Ben melihat, ada beberapa daerah yang akan menjadi basis kuat bagi Ormas atau partai politik yang didirikan Anies. Misalnya, Aceh, Sumatra Barat, Jakarta, Jawa Barat, dan beberapa kantong islam militan. ***

Berita Terkait