DECEMBER 9, 2022
Nasional

Iluni UI: Dana Abadi adalah Solusi Dukung Pembiayaan Pendidikan Tinggi

image
Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Indonesia (UI) hadir dalam RDPU Panja Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara I, Rabu 3 Juli 2024. (ANTARA/HO-Iluni UI)

ORBITINDONESIA.COM - Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Indonesia (UI) menyatakan, dana abadi menjadi solusi untuk mendukung pembiayaan pendidikan perguruan tinggi.

“Iluni UI menegaskan pentingnya dukungan Komisi X DPR RI terhadap regulasi insentif keringanan pajak dalam bentuk tax deductibility atas donasi yang diberikan oleh wajib pajak perseorangan/perusahaan untuk menumbuhkembangkan dana abadi dan donasi lainnya,” kata Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam dalam keterangan di Depok, Sabtu 6 Juli 2024.

Ia menjelaskan, Iluni UI memahami dana berasal dari APBN dan APBD tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan perguruan tinggi.

Baca Juga: Universitas Indonesia dan University of Dar Es Salaam Tanzania Kerja Sama Kembangkan Energi

Di samping bantuan pemerintah, katanya, perguruan tinggi harus aktif mencari alternatif sumber pembiayaan dan bantuan dari berbagai pihak serta mengelola dana abadi dan donasi dengan baik.

"Kesejahteraan dan kualitas tenaga pendidik serta sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa juga hal yang sangat penting yang harus diperhatikan, termasuk inovasi kurikulum," ujarnya.

Selain itu, Iluni UI mengusulkan penggiatan akses pembelajaran online, sehingga dapat menjangkau mahasiswa lebih luas dengan biaya lebih murah.

Baca Juga: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Perluas Informasi Lewat Festival Perahu Naga di Kota Tangerang

Dia mengatakan, perguruan tinggi juga perlu meningkatkan kegiatan aktif alumnus untuk memberikan lokakarya, seminar, pelatihan, pendampingan, diskusi, dan bantuan serta kerja sama dengan industri untuk penelitian dan pemanfaatan teknologi di perguruan tinggi.

Iluni UI juga mengingatkan sekolah dan universitas memperhatikan fasilitas bagi penyandang disabilitas agar pendidikan dapat dinikmati lebih baik bagi kalangan itu.

Iluni UI hadir dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama tiga ikatan alumnus perguruan tinggi lainnya dan Panitia Kerja (Panja) Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara I pada Rabu 3 Juli.

Baca Juga: Indira Zahidah dari Universitas Indonesia Raih Best Delegate di Paris International Model United Nations

Rapat tersebut mengangkat pandangan dan usulan masing-masing perwakilan ikatan alumnus terhadap arah kebijakan pendidikan nasional saat ini dan ke depan, serta pandangan dan gagasan reformulasi anggaran pendidikan, termasuk strategi pembiayaan pendidikan.

Iluni UI menyampaikan pandangan yang didukung dengan hasil survei terhadap mahasiswa aktif dan dosen UI.

Perwakilan Iluni UI menekankan pentingnya sinergi antarperguruan tinggi. Iluni UI juga mengusulkan peningkatan kompetisi sehat antaruniversitas, misalnya mempertandingkan proposal dalam kompetisi penerimaan dana bantuan (hibah) dan perguruan tinggi perlu bekerja sama dan saling bersinergi dalam penelitian, memanfaatkan teknologi, dan forum diskusi.

Turut hadir Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam, Almaida Askandar (Wakil Ketua Policy Center Iluni UI), Catherine (Anggota Policy Center Iluni UI), Muhammad Fakhri Muzaffar Abrar (Mahasiswa UI), Annisa Cinta (Mahasiswa UI). Selian itu, Gembong Primadjaja (Ketua Umum IA-ITB), Andi lrman (Ketua YAPI IPB), serta Tarsisius Tukijan (Alumni Unika Atma Jaya). ***

Berita Terkait