DECEMBER 9, 2022
Nasional

Prabowo Wakili Indonesia di KTT Gaza Tiba di Amman Yordania

image
Prabowo Subianto tiba di Bandar Udara Internasional Queen Alia, Amman, Jordania, Senin 10 Juni 2024. ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto tiba di Amman, Yordania, Senin 10 Juni 2024 pagi, untuk mewakili Indonesia menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) mengenai krisis kemanusiaan di Gaza, Palestina, Selasa.

Di Bandar Udara Queen Alia International Airport (QAIA), Amman, kedatangan Prabowo disambut oleh pasukan Yordania dan Menteri Urusan Perdana Menteri Jordania Ibrahim Masshour Al Jazi, Gubernur Amman Yasser Al-Adwan, Wali Kota Amman Yousef Sawarbeh, dan Atase Pertahanan RI untuk Mesir Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigadir Jenderal TNI Edwin Adrian Sumantha menjelaskan, Prabowo diutus langsung oleh Presiden RI Joko Widodo untuk menghadiri KTT tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Instruksi ke Prabowo Kirim Tenaga Kesehatan ke Rumah Sakit Gaza di Palestina

Presiden Jokowi pada 30 Mei 2024 menerima undangan dari Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sissi, Raja Jordania Abdullah II bin Al-Hussein, dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Gutteres, untuk menghadiri KTT yang mengangkat tema "Seruan Aksi Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza”.

Mereka mengambil inisiatif mengundang negara-negara untuk menghadiri KTT itu untuk membahas strategi mengakhiri krisis kemanusiaan di Gaza. KTT itu dijadwalkan berlangsung selama sehari.

"Konferensi ini diselenggarakan sehubungan dengan seruan gencatan senjata di Gaza, dengan tujuan agar para kepala negara dapat mengidentifikasi cara-cara memperkuat respons komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan di Gaza," ujar Edwin.

Baca Juga: Sufmi Dasco Ahmad: Prabowo Subianto Tak Ada Alasan Menolak Ormas Agama Kelola Tambang

"Dengan kehadiran perwakilan dari Pemerintah Indonesia dalam konferensi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza," katanya.

Di Amman, Prabowo didampingi sejumlah pejabat, di antaranya Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Duta Besar RI untuk Jordania Ade Padmo Sarwono, dan Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha.

Dalam kesempatan terpisah, Prabowo menyatakan dia berencana memanfaatkan KTT itu untuk menawarkan bantuan yang dapat dipersiapkan oleh Indonesia, antara lain pasukan perdamaian, rumah sakit lapangan, tenaga kesehatan, sampai evakuasi korban. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait