DECEMBER 9, 2022
Internasional

Mesra dengan Xi Jinping, Vladimir Putin Kunjungi China

image
Arsip - Presiden China Xi Jinping bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di kompleks Forumlar Majmuasi di Samarkand, Uzbekistan, 15 September 2022. (Xinhua/Ju Peng)

ORBITINDONESIA.COM - Presiden China Xi Jinping mengatakan hubungan Rusia-China telah melewati rintangan perubahan lingkungan internasional dan menjadi tolok ukur kerja sama antarnegara besar.

Hal itu dia sampaikan sewaktu bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Beijing, Kamis 16 Mei 2024 waktu setempat.

"Tahun ini menandai 75 tahun hubungan diplomatik China dan Rusia. Selama tiga perempat abad terakhir, hubungan Rusia-China menguat di bawah kondisi sulit, bertahan terhadap tantangan perubahan lingkungan internasional," ujar Xi Jinping.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat atas Kemenangan Prabowo Subianto Sebagai Presiden 2024-2029

"Dan hari ini menjadi tolok ukur hubungan antara negara-negara besar dan negara-negara tetangga, yang ditandai dengan saling menghormati, percaya, persahabatan, dan saling menguntungkan,” tambahnya.

Jinping mengingat bahwa ia telah bertemu Putin setidaknya 40 kali selama beberapa tahun.

"Hubungan yang erat seperti ini memungkinkan kami menguraikan arah strategis guna mempertahankan dinamika pertumbuhan yang stabil dan cepat dalam hubungan China-Rusia, yang sama sekali tidak mudah dan oleh karena itu patut mendapat perhatian yang sangat hati-hati,” katanya.

Baca Juga: Selasa Ini, Vladimir Putin Akan Dilantik Sebagai Presiden Rusia untuk Masa Jabatan ke-5

Dia menekankan bahwa perkembangan hubungan berkelanjutan antara China dan Rusia tidak hanya memenuhi kepentingan mendasar kedua negara dan masyarakat tetapi juga bermanfaat untuk perdamaian dan kemakmuran. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait