DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Ancol Tata Pedagang Asongan Untuk Songsong Jakarta Sebagai Kota Global

image
Wisatawan bermain di Pantai Ancol, Jakarta, Selasa 18 Juni 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) menata pedagang asongan di kawasan pantai sebagai bentuk dukungan perusahaan dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dalam berbagai sektor dalam rangka mendukung Jakarta sebagai kota global," kata Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho di Jakarta, Rabu 23 Oktober 2024.

Ia mengatakan, Ancol membuat program digitalisasi, revitalisasi alat-alat produksi, dan menata kawasan sebagai upaya menaikkan kelas mitra pedagang asongan (reseller) yang berniaga di area Pantai Ancol.

Baca Juga: Pilihan Aktivitas di Jakarta Akhir Pekan: Dari Nonton Film Benyamin Sueb Hingga Dangdutan di Ecopark Ancol

Menurutnyaa, program penataan mitra pedagang ini ialah bagian dari program tanggung jawab sosial Ancol dalam memberdayakan warga di sekitar wilayah Kecamatan Pademangan.

"Hal ini dijalankan untuk meningkatkan performa dan menyeragamkan keberadaan mitra reseller sehingga dapat turut meningkatkan kenyamanan di area pantai," katanya.

Melalui program penataan ini, para mitra pedagang akan mendapatkan fasilitas yang lebih baik yaitu tempat berniaga, akses masuk, seragam serta gerobak yang bisa dimanfaatkan untuk dua shift secara cuma-cuma.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Pramono Anung Ingin Koreksi Harga Masuk Destinasi Wisata, Singgung Ancol dan Taman Mini

Ia menjelaskan sebelum program penataan dilaksanakan, mitra pedagang harus mengeluarkan modal untuk membeli barang dagangan.

Penataan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan mitra pedagang yang dilakukan dengan memberikan modal barang dagangan beserta sistem penjualan secara gratis dan seluruh keuntungan diberikan kepada para mitra pedagang.

Ia mengatakan, penataan sudah mulai dijalankan sejak 2022. Sejauh ini telah melakukan lima kali sosialisasi kepada seluruh mitra pedagang yang ada dengan harapan seluruh mitra dapat ikut serta dalam penerapan penataan ini.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Pramono Anung Jamin Pemilik KJP Plus Bisa Wisata ke Ancol dan Taman Mini Gratis

Ia mengatakan bahwa program ini tidak berniat mengganti mitra pedagang asongan yang selama ini telah menjadi mitra perusahaan daerah setempat.

"Ancol memprioritaskan seluruh mitra eksisting untuk bisa mendaftar pada program baik ini. Namun apabila ternyata ada mitra eksisting yang tidak mendaftar, maka Ancol akan membuka kesempatan bagi masyarakat sekitar perusahaan yang membutuhkan," kata dia.

Secara umum, para mitra pedagang ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu pedagang makanan minuman dan pedagang aksesoris.

Baca Juga: 5 Sampai 11 Oktober, Anggota TNI Gratis Masuk Ancol Taman Impian, Winarto: Semoga Bisa Rehat

Selama ini, para mitra mendapatkan berbagai fasilitas antara lain tempat berjualan, akses masuk kawasan Ancol tahunan dan juga seragam.

Semua fasilitas tersebut diberikan secara cuma-cuma sebagai bentuk kepedulian Ancol kepada masyarakat sekitar.

"Dalam perjalanannya, Ancol juga selalu berkoordinasi dengan pemangku kebijakan terkait agar program ini dapat berjalan dengan baik," kata dia.***

Berita Terkait