DECEMBER 9, 2022
Humaniora

SATUPENA Akan Diskusikan Pentingnya Menjaga Marwah Gelar Akademik Dengan Narasumber I Ketut Surajaya

image
Obrolan Hati Pena #142 bertema pentingnya menjaga marwah gelar akademik (Foto: SATUPENA)

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA akan mendiskusikan pentingnya menjaga marwah gelar akademik, dengan narasumber I Ketut Surajaya, Guru Besar Studi Jepang, Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI).

Obrolan Hati Pena #142 bertema pentingnya menjaga marwah gelar akademik itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis malam, 25 Juli 2024, pukul 19.00-21.00 WIB.

Diskusi tentang pentingnya menjaga marwah gelar akademik itu akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Baca Juga: Swary Utami Dewi: Belajar dari Profesor Komaruddin Hidayat

Menurut panitia diskusi, akhir-akhir ramai diberitakan tentang gelar akademik profesor dan guru besar. Hal ini berkaitan dengan proses penunjukan atau promosi yang dianggap tidak transparan dan tidak sesuai dengan standar akademik yang seharusnya.

Ada dugaan proses penunjukan atau promosi dilakukan tanpa pengumuman yang jelas atau kriteria yang terbuka untuk publik.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan adanya nepotisme atau praktik-praktik yang tidak etis dalam pengambilan keputusan.

Baca Juga: Park Min-soo: Para Profesor Kedokteran Korea Selatan Lakukan Pemerasan Besar-besaran Terhadap Masyarakat

Ada dugaan bahwa beberapa profesor mendapatkan gelarnya tidak berdasarkan prestasi akademik yang sesungguhnya, melainkan karena faktor-faktor lain seperti hubungan personal atau kepentingan politik.

Hal ini juga bisa  mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, serta menimbulkan pertanyaan tentang komitmen terhadap standar internasional dalam pengelolaan akademik.

Apa yang terjadi kini di dunia pendidikan? Apa yang harus dilakukan agar marwah gelar akademis dan marwah perguruan tinggi dapat terjaga?

Baca Juga: Universitas Lambung Mangkurat Usut Dugaan Pelanggaran Dosen Merekayasa Persyaratan Guru Besar

Hal itu akan dibahas lebih dalam pada Obrolan Hati Pena #142 bersama I Ketut Surajaya.

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena142. Juga bisa melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV. Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

 

 

 

Berita Terkait